Summer Course 2018 UNSOED dan UGM di desa lipursari


pada hari minggu 12 Agustus 2018 Desa Wisata lipursari kedatangan Tamu dari berbagai negara, seperti Thailand, Myanmar, Philipina, dan Malaysia, dengan tema mereka "Summer Course 2018", yang terdiri dari Mahasiswa Pasca sarjana dan dosen gabungan dari Universitas Jendral Soedirman Dan Universitas Gadjah Mada.
Rencana nya mereka sampai dengan hari selasa 14 agustus 2018 akan mengamati hal yang berkaitan dengan buruh migran di wonosobo kususnya di Kampung literasi Lipursari dengan Maria Bo Niok yang merupakan Ketua Buruh Migran Mandiri Wonosobo menemani dan sekaligus menjadi pendamping mereka selama di Lipursari.

selain berdiskusi di Istana Rumbia dan di Balai desa Lipursari Bersama Perangkat desa, Desmigratif Wonosobo, kelompok ex-buruh migran, dan beberapa dinas terkait, mereka juga berwisata sekaligus Mempelajari berbagai hal seperti Mencabut singkong langsung dari pohonya yang merupakan tanaman komoditas utama di desa Lipursari,

(diskusi di istana rumbia)

 

(gb. diskusi di balaii desa Lipursari)

 

(Mbedol budin/ mencabut singkog)

belajar membatik ditemani kelompok ex-buruh migran lokal di sanggar Batik Manggar Sari Lipursari yang merupakan sanggar batik rintisan ex-buruh migran produktif Nessa Kartika,

(mahasiswa asal Tailand belajar Membatik)

 

(menikmati suasana mbeser berkabut)

Selain itu mereka juga menyempatkan diri menikmati hembusan angin dan Embun di Wisata alam Bukit Mbeser Lipursari, meskipun datang subuh menunggu datangya sang fajar hingga pukul 9:00wib matahari tertutup kabut tebal, dan kembali lagi pada sore hari untuk menikmati sunset. kesenian lokalpun turut menghibur mereka, kerena Selama di Lipursari mereka bersinggah di Rumah Baca Istana Rumbia yang tempatya tidak jauh dari lokasi latihan Rutin Gambus Rudad Al-basyariy Pemuda Lipursari.
harapanya kedatangan mereka dapat membawa perkembangan baik bagi Desa Lipursari, dan khususnya kabupaten Wonosobo. (D.o)


Total Dibaca